Pages

Adipura Kembali ke Pinrang

Adipura, adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup. Pengertian kota dalam penilaian Adipura bukanlah kota otonom, namun bisa juga bagian dari wilayah kabupaten yang memiliki karakteristik sebagai daerah perkotaan dengan batas-batas wilayah tertentu.
Secara umum peserta program Adipura dibagi ke dalam 4 kategori berdasarkan jumlah penduduk, yaitu:
Kota Metropolitan (lebih dari 1 juta jiwa)
Kota Besar (500.001 - 1.000.000 jiwa)
Kota Sedang (100.001 - 500.000 jiwa)
Kota Kecil (sampai dengan 100.000 jiwa)

Insya Allah hari ini Piala Adipura yang merupakan supremasi tertinggi untuk Kota Terbersih di Indonesia akhirnya kembali ke Kabupaten Pinrang setelah 13 tahun. Piala ini terakhir direbut pada tahun 1997.
Penyerahan Adipura ini diterima langsung oleh Wakil Bupati A. Kaharuddin Mahmud dari Presiden di Istana Negara pada hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni lalu. Pada hari ini rencananya Piala tersebut akan disambut diperbatasan Pinrang-parepare lalu diarak keliling kota Pinrang untuk memperlihatkan keberhasilan masyarakat dalam mewujudkan Pinrang "BERSERI".

Bupati Pinrang pada upacara hari enin tanggal 4 Juni 2010 menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh PNS dan masyarakat yang telah berusaha maksimal mewujudkan Pinrang "BERSERI". Namun pak Bupati mengingatkan PNS agar jangan sampai terlena oleh keberhasilan ini karena mempertahankan prestasi jauh lebih sulit daripada merebutnya.


Sepanjang sejarah bumi Lasinrang baru dua kali merebut Adipura yaitu tahun 1986 dan 1997. Jadi momen Adipura ini adalah yang ketiga kalinya dan semoga untuk tahun-tahun berikutnya Adipura "enggan" meninggalkan kota Pinrang yang BERSERI ini. Amien.




5 komentar:

  1. Selamat atas prestasinya, semoga dapat dipertahankan! Amin!

    BalasHapus
  2. Top kotanya top masyarakatnya, Sukses!

    BalasHapus
  3. selamat untuk seluruh warga Pinrang atas prestasi yang sangat membanggakan ...!, salam dari BRI

    BalasHapus
  4. Selamat ya,,,!!!untuk pinrang,,,
    smoga aj jdi cntoh untk daerah yg lain,,,

    BalasHapus
  5. seLamat atas prestasi daerahnya, semoga pinrang akan Lebih baik Lagi untuk masa-masa ke depannya.
    ijin untuk menjadi foLLower di bLog ini, saLam kenaL.

    BalasHapus